Bandung 28-30 Oktober 2016 adalah saksi dimana pagelaran Festival Coffee se-Jawa Barat di laksanakan. Bertempat di Atrium selatan Trans Studio Mall (TSM) Jln Gatot Subroto bandung, dimana acara yang digadang oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Propinsi Jawa Barat berlangsung meriah. Acara yang diadakan secara berkala ini bertujuan untuk mendongkrak dan memperkenalkan aneka kopi berkualitas ke masyarakat . Karena di Jawa Barat merupakan penghasil kopi torabika terbaik di dunia, apalagi kopi dari jawa barat memiliki prestasi di tingkat internasional, yakni Speciality Coffee Association of America (SCAA) Expo 2016 di Atlanta dan Melbourne International Coffee Expo (MICE).

photo_2016-11-02_11-00-04Kenapa diperkenalkan ke masyarakat, karena tingkat konsumsi masyarakat terhadap kopi hasil petani dalam negeri masih rendah. masyarakat lebih memilih kopi buatan luar  untuk di konsumsi. Maka dari itu petani lebih banyak mengekspor kopi berkualitasnya ke luar negeri. Sehingga kebanyakan kopi-kopi asli jawa barat kurang begitu di ketahui oleh pribumi sendiri.

Kopi Jabar pernah berjaya juga di masa lalu. banyak hasilnya dijual ke eropa, ditanam sejak 1696, sangat terkenal pada saat itu dengan nama A Cup of Java (Secangkir Kopi dari Jawa). Tetapi pada pertengahan tahun 1800, kopi di Jabar banyak mati karena serangan hama tahun 1878, sebagian besar terkena penyakit karat daun.

Acara West Java Coffe Festival tersebut langsung dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. Selain membuka acara Ahmad Heryawan juga menegaskan bahwa “minum kopi itu yang digiling, bukan yang di gunting (kopi sachet)”. Karena di Indonesia sudah menjadi kebiasaan yang aneh, produk kopi yang berkualitas dijual ke luar tetapi yang dikonsumsi masyarakat malah produk yang kurang bagus beliau menambahkan.

photo_2016-11-02_11-20-49Selain itu untuk meminum kopi alangkah baiknya tanpa gula. Karena akan lebih terasa asam, pahitnya, dan akan ketahuan kopi torabika yang baik itu seperti apa. Dengan mengkonsumsi kopi tanpa gula apalagi secara rutin bisa menurunkan resiko terkena penyakit akut karena kandungan Flavonoid yang tinggi dalam kopi.

Wanita dan pria yang sering minum kopi pahit tanpa gula juga bisa memiliki syaraf motorik dan sensorik yang sangat bagus. Kopi juga mengandung kalium yang berfungsi untuk menguatkan otot-otot jantung dan menjaga agar detak jantung cepat normal. Banyak jenis makanan yang kita konsumsi yang secara tidak langsung membentuk lemak dan menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah. Untuk mengatasinya maka konsumsi kopi tanpa gula sangat disarankan.

Di acara West Java Coffee Festival 2016 tersebut selain dapat menikmati kopi secara gratis pengunjung disuguhi dengan bagaimana cara membuat kopi yang benar. Disana pun dapat saling berdiskusi dan menggali informasi tentang kopi berkualitas. So amazing banget kan..

Tags:

Ads

You May Also Like

Stand Up Comedy Kabupaten Bandung

Komunitas Standup Comedy Kabupaten Bandung — Standup Comedy atau Lawakan tunggal atau komedi tunggal  ...

Bakso Boedjangan : Bakso yang lagi ngehits di Bandung

Sobat ZNC pecinta kuliner khas kota bandung, Bakso Boedjangan adalah sebuah warung makan bakso ...

Ungkap kepribadian pria berdasarkan jam tangan yang dipakainya.

Hi amazing people! Mau tau kepribadian pria berdasarkan jam tangan yang dipakainya ? Berikut ...