!MZNC yakin sudah banyak diantara amazing people yang mengetahui istilah drift. Yup, drift adalah seni keterampilan mengemudi dengan kecepatan tinggi. Drift merupakan teknik menyetir, di mana pengemudi berusaha membuat agar mobilnya berada dalam posisi miring dan meluncur dari sisi ke sisi pada kecepatan tinggi selama mungkin.

Untuk melakukan drift, biasanya para drifter (pembalap drifting) hanya menggunakan gigi dua dan rem tangan untuk menunjukkan teknik tingkat tinggi ini. Karena itu, dibutuhkan keahlian tertentu dan disiplin yang cukup tinggi untuk dapat menguasai teknik mengemudi seperti ini.

Sejarah drift seperti yang kita kenal berawal di tahun 1960an. Di jalan gunung yang berkelok-kelok di Jepang. Saat itu sekelompok pembalap yang disebut Rolling Zoku memacu mobil dengan mencoba mengatur waktu tercepat mereka antara titik A dan B.

Sebagai pembalap terbaik, mereka mampu mendapatkan lap time tercepat. Pembalap-pembalap ini mulai melewati batas cengkraman ban mereka. Mereka menemukan bahwa dengan melewati batas cengkraman ban, mobil masih bisa dikontrol. Tetapi pada akhirnya memang tidak mendapatkan kecepatan yang diinginkan. Tapi mereka yakin bahwa akan sangat menggairahkan dan terlihat keren ketika memamerkan keterampilan mengendalikan mobil seperti itu. Saat itulah pembalap di Jepang pertama kali mempelajari teknik mengemudi drift ini.

Kemudian di tahun 1970-an di adakan All Japan Touring Car Championship. Para pembalap sangat ingin saling bersaing satu sama lain. Di setiap lap, pembalap meningkatkan waktu putaran mereka sedikit demi sedikit, menguji bannya, melewati batas. Hal ini menghasilkan tontonan kontrol mobil yang mengagumkan dimana pengendara melayangkan mobil mereka dengan sangat cepat.

Saat ini kompetisi drift digelar di seluruh dunia. Menonton mobil yang melayang pada kecepatan tinggi dirasakan sama menariknya ketika kita duduk di dalam mobil. Tidak semua mobil bisa melakukan ini, dan tentunya tidak setiap pengemudi juga bisa melakukan drifting, itulah sebabnya kita sering terpaku apabila kita melihat ada yang melakukan teknik drift ini.

Hingga akhirnya produsen mainan menangkap bagaimana cara berkendara dengan teknik drift tanpa harus berhadapan dengan bahaya, yaitu dengan RC Drift Cars. Di antara semua mainan RC (Radio Controls) seperti kapal, quadcopters, helikopter, pesawat terbang, dan yang lainnya, mobil RC drift memiliki tempat khusus di hati penggemarnya berkat berbagai film balap Hollywood seperti film franchise Fast and Furious dan film berbasis game populer seperti Need for Speed.

RC Drift terbagi ke dalam dua kategori atau Grade yaitu RC TOYS GRADE (Kelas Mainan) dan RC HOBBY GRADE (Kelas Hobi). Berikut !MZNC jelaskan perbedaannya.

  • RC QD (Quick Drive) : Radio Control kelas ini masuk dalam kategori toys (mainan) karena RC Jenis ini tergolong RC yang sparepart dan proses upgrade nya pun tidak ada. Hanya mengandalkan akal-akalan dan modifikasi dengan kreativitas tertentu saja. Untuk kalian yang ingin terjun di dunia RC terutama drift sebaiknya mengasah skill drift menggunakan RC QD karena RC jenis ini biasanya dimainkan anak anak. Tapi jangan putus asa dulu karena RC QD pun bisa lho dipakai sekedar “ngesot bebas” atau dimodifikasi tampilannya sehingga terlihat keren. Harga RC QD ini ada di kisaran 200-500 ribuan. RC QD memakai sistem easy to run maka pergerakannya hanya 1 percepatan dan kecepatan sehingga kita tidak bisa mengatur kecepatan sesuai yang kita inginkan karena hanya 1 atau 2 speed yang keluar dari mesin. Bila tuas di tekan sedikit maka keluar speed tetap full, bila kita tekan banyak maka tetap akan sama full. Begitu juga dengan sistem beloknya yang langsung berbelok tajam tanpa bisa belok pelan pelan. RC QD memakai PCB untuk elektroniknya dan dinamo brushed untuk motor penggeraknya, sedangkan baterai biasanya menggunakan baterai susun berjenis Nicd/Nimh. RC QD pun memiliki 2 jenis yaiut RC QD Biasa (Mhz) dan RC QD Semi Propo (Ghz). RC QD yang sudah semi propo biasanya tuas throttle (gas) maju mundurnya sudah bisa diatur dan ditekan sesuai dengan yang kita inginkan seperti RC propo pada umumnya, hanya saja sistem penggerak belok nya masih seperti RC QD biasa. RC QD ada berbagai macam merek seperti : NQD 4WD Mhz , NQD 4WD 2,4Ghz Semi Propo , Sanzuan VMAX TURBO , Sanzuan VMAX Electrik , RANDA 2WD , Jundi , Drift King dll yang rata-rata kisaran harga di pasarannya sekitar 250-500 ribu rupiah.
  • RC EP (Electric Proportional): RC kelas ini bisa dibilang RC yang sudah masuk kategori RC kelas hobi. RC EP / Propo menggunakan sistem perangkat elektronik yaitu (ESC + Motor/Dinamo BL/BD + Batre Lipo/Nimh +Transmitter+Receiver+Servo). RC EP sudah dilengkapi dengan ESC (Electronic Speed Controlled) jadi sistem penggeraknya sudah seperti mobil sungguhan, ketika kita tekan gas sedikit maka speednya pun pelan dan ketika kita tekan gas banyak maka mobil pun melesat kencang (sama ketika kita membawa mobil/motor matic). Sistem beloknya pun sudah menggunakan servo control yang gunanya menggerakan steering belok secara proporsional sama seperti sistem penggerak maju mundurnya. Servo tidak hanya digunakan untuk belok saja tapi bisa juga digunakan untuk throttle (di rc engine) dan sebagai penggerak wing di rc pesawat, selain itu servo juga bisa digunakan untuk membuka sistem otomatis seperti bagasi dan kap mobil yang di kontrol melalu remot itu hasil gerak dari servo. RC EP pun ada berbagai macam merek dan kelasnya. Harga RC EP berada di kisaran 1 juta hingga 20 jutaan.

Jadi, tertarik dengan RC khusus drift? kamu bisa temui track-track drift nya di tempat-tempat hobby dan mall di sekitar kota kamu amazing people!

Tags:

Ads

You May Also Like

Beberapa Kegiatan Pria yang Tidak Bisa Diganggu oleh Siapapun

Hi amazing people ! Kalian para pria pasti memiliki gaya hidup yang berbeda – ...

Dreadlocks , keren juga kok !!!

Dreadlocks atau lebih kita kenal dengan gimbal secara sederhana dikenal dengan gaya rambut kusut ...

5 Film ini membuktikan pria berjenggot terlihat menarik

Figur pria berjenggot memang sudah bukan hal yang tabu lagi di dunia film, terutama ...