Belakangan ini Stand up comedy memang sedang populer di televisi maupun di media lainnya. Ini terbukti dengan adanya kompetisi stand up comedy di beberapa stasiun televisi. Selain itu para pelakon stand up comedy-an atau yang biasa disebut komika/comic  sudah banyak yang wara-wiri di berbagai acara televisi maupun berbagai judul film, ini menandakan bahwa memang stand up comedy sudah mempunyai tempat tinggi di dunia entertainment.

Nah bagi amazing people yang ingin menjadi komika, kalian harus tahu beberapa istilah stand up comedy berikut :

  1. BIT

Bit itu adalah salah satu istilah dalam stand up comedy yang artinya lelucon atau jokes. Bit terdiri dari Set-up dan Punchline (akan dijelaskan nanti).

Contoh :  “Faktanya di Inggris ada peternak yang memberi minum ayamnya dengan bir, katanya biar ayamnya menjadi lebih besar dan gurih. Jadi, kalau kalian ke Inggris jangan heran kalau kalian liat ayam yang jalannya sempoyongan sambil dibopong temennya.” (@donwaro)

 

  1. PREMIS

Premis adalah topik dari suatu bit. Contoh : Peternak ayam yang memberi ayamnya bir (contoh bit diatas).

 

  1. SET UP

Set up merupakan kalimat yang tidak lucu yang fungsinya sebagai pengangtar menuju punchline (akan dijelaskan) dalam sebuah bit.

Contoh : “Faktanya di Inggris ada peternak yang memberi minum ayamnya dengan bir, katanya biar ayamnya menjadi lebih besar dan gurih”.

 

  1. PUNCHLINE

Punchline adalah bagian lucu dari sebuah bit.

Contoh : ”Jadi, kalau kalian ke Inggris jangan heran kalau kalian liat ayam yang jalannya sempoyongan sambil dibopong temennya.”

 

  1. KILL

Kill adalah istilah stand up comedy jika punchline yang dilempar oleh seorang komika berhasil membuat audiens tertawa.

 

  1. BOMB

Bomb adalah istilah stand up comedy dimana jika punchline yang dilempar oleh seorang komika tidah berhasil membuat audiens tertawa.

 

  1. BOMB SLIDE

Bomb Slide adalah kondisi dimana jika seorang komika melempar punchline dan nge-bomb caranya dengan mengeluarkan kata-kata yang dapat menyelamatkan kondisi nge-bomb tadi.

 

  1. ONE LINER

One-liner adalah bit singkat yang biasanya terdiri dari dua atau tiga kalimat saja.

Contoh : “Mamah saya pengen saya jadi anak yang mandiri, tapi saya ga mau soalnya saya pengen jadi anak yang … BCA”  (@donwaro)

 

  1. RULE OF THREE

Bit yang terdiri dari tiga tahap. Dua tahap pertama isinya biasa saja, bagian ketiga adalah bagian yang patah.

Contoh : “Ngajarin Raditya Dika ngelawak itu kayak ngajarin Melly bikin lagu, ngajarin Deddy cara main sulap, atau ngajarin Syahrini cara bedakan.”(Ryan Adriandhy)

 

  1. ACT OUT

Act out adalah dimana komika menggunakan gerakan badan dalam sebuah bit yang fungsinya untuk menebalkan set-up atau punchline. Biasanya tingkat keberhasilannya tinggi tapi mempunyai tingkat resiko yaitu jika ngebomb susah untuk mengeluarkan bomb slide.

 

  1. RIFFING

Riffing adalah interaksi dengan audiens atau benda sekitar (biasanya venue) untuk menghasilkan kelucuan.

Contoh : “Terimakasih sudah mengundang saya ke hotel ini karena baru kali ini saya bisa merasakan ac” (@donwaro)

 

  1. CALL BACK

Bila diartikan secara harfiah call back artinya memanggil kembali, maksudnya seorang komika “memanggil kembali” punchline yang sudah dia lemparkan sebelumnya dan dipakai dalam bit yang berbeda tapi bit awal harus nge-kill, bila nge-bomb sebaiknya jangan dijadikan call back.

Contoh : @ernestprakasa

Bit 1: Sekarang era digital, dan menurut gue bohong lewat BBM atau SMS itu lebih gampang daripada bohong face to face. Salah satu kebohongan paling sering dilakukan orang bahkan cuma 3 huruf: “OTW”. Temen lo udah BBM lo dengan panik: “PING!!! Bro, dimana lo, gue udah sampe nih!”, trus lo bales: “OTW bro!”. Padahal baru bangun tidur, masi kriyep-kriyep sambil garuk-garuk biji.

Bit 2: Kalo Tuhan punya twitter, ada yang minta folbek ga ya? Kalo iya, mungkin Tuhan akan jawab: “OK, tapi kita kopdar dulu ya”. Trus Tuhan twit ke @Malaikat_Pencabut_Nyawa: “Bro tolong dijemput bro”. Trus malaikatnya bales: “OTW bro!”.

 

  1. HACKLING

Hackling adalah gangguan dari penonton pada saat komika tampil. Misalnya : teriakan audiens, tangisan anak, suara kendaraan yang lewat, dll

Orang yang melakukannya disebut Hackler.

 

  1. IMPERSONATION

Salah satu teknik stand up comedy dengan cara menirukan gaya seorang tokoh terkenal atau karakter. Peniruan bisa gaya bicara, gerak tubuh, dan kata-kata khasnya.

 

  1. SELF BULLYING

Self Bullying adalah teknik stand up comedy dengan cara menjelek-jelekan diri sendiri.

Contoh : “Saya ini orangnya item, saking itemnya kalo saya di tatto pake tipe-x” (@bolangbrutal)

 

Yap, itulah istilah-istilah stand up comedy yang harus amazing people tahu jika ingin menjadi seorang komika. Selain yang sudah dijelaskan diatas sebenarnya masih banyak sitilah-istilah lain yang harus kalian tahu. Lain kali kami share lagi yaa !!! thx

Tags:

  • No regrets for all of i did, just lessons learned . I'm the boss of my life . penikmat nada . peramu kata . . pecandu senja . pemendam rasa

Ads

You May Also Like

Bihun Masa Kini Bungkusnya Masa Gitu

Baru-baru ini seantero indonesia digemparkan sama snack kontroversial, sampai-sampai dari mulai Ketua Pengurus Harian ...

Membedakan kepribadian pria berdasarkan tempat hangout

Ada banyak cara membedakan tipe kepribadian seorang pria. Dari gaya hidup pria, gaya rambut, ...

7 Keunggulan Pria Berjenggot di Mata Wanita

Sudah bukan rahasia lagi jika sebagian besar wanita masa kini suka dengan pria yang ...