Dari tahun ke tahun, perkembangan teknologi serta inovasi terbaru terus bermunculan. Ada beberapa inovasi dan teknologi yang pernah digunakan beberapa tahun lalu dan diperkirakan generasi zaman sekarang tidak mengetahuinya.

Tentunya semua hal yang ada itu bukan terjadi karena kebetulan. Begitu pula dengan segala teknologi yang bermunculan dari waktu ke waktu.

Mulai dari yang bentuknya sangat tidak portable dan terlihat aneh sekaligus lucu apabila dibandingkan dengan penemuan zaman sekarang, semua teknologi zaman dahulu tersebut merupakan cikal bakal terciptanya barang-barang hi-tech sekarang ini.

Berikut beberapa penemuan atau inovasi zaman dahulu yang menjadi inspirasi munculnya perangkat canggih di era digital seperti sekarang.

  1. Telegraf


    Sebelum perangkat telepon bahkan sebuah iPhone hadir di peradaban manusia, pada tahun 1837, seorang bernama Samuel Finley Breese Morse menciptakan satu penemuan untuk dapat mengirimkan pesan dari jarak jauh.

    Alat yang menggunakan Sandi Morse sebagai pengganti kata-katanya itu akhirnya menjadi sarana komunikasi jarak jauh pada pertengahan tahun 1800an sampai dengan 1900an.

    Dari tahun ke tahun, alat yang dinamakan telegraf ini dikembangkan lebih canggih lagi. Awalnya yang hanya mampu digunakan dengan jarak maksimal beberapa kilometer saja, akhirnya ada penemuan pengembangannya dengan menggunakan peralatan rilai dan stasiun ‘transit’ untuk jarak yang lebih jauh lagi.

    Sayangnya, teknologi ini akhirnya tenggelam ketika masa-nya telah berakhir dan digantikan dengan perangkat elektronik yang lebih modern lagi

  2. Tv Hitam Putih

     

     


    Di tahun 1873, Willoughby Smith menemukan satu perangkat elektronik yang menjadi cikal bakalnya terciptanya TV atau televisi. Inovasi ciptaan Smith tersebut akhirnya dikembangkan lebih lanjut lagi oleh Paul Gottlieb Nipkow pada tahun 1884.

    John Logie Baird akhirnya menyempurnakannya lagi menjadi sebuah perangkat elektronik pemindai gambar bergerak pada tahun 1926. Di saat itu, semua gambar yang ditampilkan masih dalam kondisi hitam putih atau tidak berwarna sama sekali.

    Dari tahun ke tahun, penemuan Smith tersebut terus dikembangkan sampai dengan digabungkannya inovasi TV itu dengan penemuan lain seperti antena dan studio penyiaran serta chanel.

    Pada tahun 1928, boleh dikatakan sebagai era-nya televisi. TV kembali booming ketika masa Perang Dunia. Banyak orang menyaksikan semua informasi dari televisi.

    Walaupun masih menampilkan gambar hitam putih dan terkadang juga masih banyak ‘semutnya,’ namun TV kala itu menjadi salah satu teknologi yang menginspirasi TV digital atau Smart TV seperti sekarang ini

  3. Betamax dan VHS


    Jauh sebelum HDD portable atau juga FDD menjamur sekarang ini untuk digunakan sebagai sarana menyimpan film-film melalui komputer, pada zaman dahulu ada sebuah penemuan yang dinamakan Betamax.

    Betamax ini adalah sebuah kaset untuk memutar film atau video berbentuk kotak besar. Betamax pertama kali dikembangkan oleh Sony dan dirilis secara perdana pada tanggal 10 Mei 1975.

    Di awal perilisannya, Betamax ini memiliki pesaing yaitu sebuah perangkat sejenis yang menawarkan kaset video berformat VHS atau Video Home System.

    Sayangnya, dalam pasar dunia, Betamax harus mengakui keunggulan VHS dan akhirnya tenggelam dengan semakin majunya perkembangan zaman.

  4. Floppy disc


    Sebelum digunakannya FDD atau juga HDD portable, mulai dari pertengahan tahun 1970an, banyak orang yang menggunakan floppy disc atau yang dikenal dengan nama disket sebagai sarana penyimpanan data portable.

    Di awal penciptaannya, sebuah disket berukuran cukup besar dan tipis. Ukurannya yaitu 8 inci yang kemudian dimampatkan lagi menjadi 5,25 inci dan akhirnya menjadi 3,5 inci.

    Di Indonesia, disket generasi pertama dikenal dengan nama disket dos karena pada beberapa tahun lalu, program atau juga operating system komputer masih menggunakan Ms Dos tidak seperti sekarang ini yang sudah ada banyak sekali OS.

  5. Kaset


    Seperti halnya disket Floppy atau kaset pemutar video Betamax atau VHS, pada beberapa tahun lalu sebelum era iPod dan perangkat pemutar lagu MP3 portable ada, banyak orang yang menggunakan kaset sebagai sarana memutar lagu.

    Kaset pertama kali diperkenalkan ke publik Eropa pada tahun 1963 oleh seseorang bernama Phillips. Kaset mengalami masa kejayaannya pada tahun 1980an.

    Bahkan seiring dengan boomingnya popularitas kaset, banyak perusahaan terkenal dunia, contohnya saja Sony membuat perangkat ‘penyandingnya’ seperti Sony Walkman atau juga alat rekam.

    Namun, di kala teknologi sudah semakin canggih, keberadaan kaset semakin terpinggirkan. Bahkan jarang sekali ada orang yang menggunakan kaset untuk mendengarkan lagu atau sejenisnya.

  6. Negatif film

    StockSnap / Pixabay

    Negatif film adalah sebuah gulungan plastik yang digunakan untuk mengabadikan momen dengan menggunakan kamera analog. Dikarenakan sangat sensitif terhadap cahaya, maka perlakuan terhadap negatif film ini sangat khusus.

    Gulungan lembar plastik film ini dilengkapi dengan emulsi yang mengandung garam halida peran yang dilebur dengan gelatin serta kristal khusus untuk menentukan sensitivitas, kontras dan resolusi.

    Negatif film ini pertama kali dipasarkan oleh seorang bernama George Eastman pada tahun 1885, namun pada saat itu bahan dasarnya bukanlah dari plastik melainkan kertas.

Tags:

Ads

You May Also Like

Civic Duluxe Si Mungil Yang Irit dan Tangguh

Mungil, irit dan tangguh, itulah “image” yang tertanam di benak banyak orang apabila menyebut ...

3 jenis sepatu kulit untuk gaya hidup pria vintage classic

Amazing people pasti sudah tahu pasti bahwa gaya hidup pria terutama style tidak jauh ...

Sejarah Vespa VBB

Dari sekian banyak varian Vespa yang beredar, Vespa VBB merupakan salah satu model yang ...