Isyana Berjudi di Lagu Keep Being You

Mungkin tak banyak yang tahu bahwa lagu ‘Keep Being You’ yang jadi single pertama Isyana Sarasvati, sempat tak disetujui label untuk keluar duluan. Tapi keyakinan Isyana terbukti mematahkan hitungan bisnis.

Kemunculan Isyana Sarasvati sebagai penyanyi pendatang baru dengan lagu berlirik bahasa Inggris, memang jadi tantangan cukup berat untuk diterima pasar musik Indonesia. Tapi seperti esensi musik yang universal, ‘Keep Being You’ ternyata mampu juga diterima dengan baik oleh pendengar tanah air.

Ketika dirilis pada 2014 lalu, lagu ini diputar hampir di semua radio di Indonesia setiap hari dan banyak mendapat request. Dua hari setelah dirilis, ‘Keep Being You’ langsung menduduki peringkat teratas di iTunes. Video klipnya juga mendapat jutaan hits. Mungkin beberapa dari Anda yang tak pernah mendengar nama Isyana sebelumnya, menyangka bahwa lagu ini dinyanyikan oleh penyanyi luar negeri.

‘Keep Being You’ mengandung lirik sederhana tentang cinta dengan musik yang fun dan easy listening. Isyana menyuarakan bahwa tak semua wanita selalu mengutamakan materi, karena waktu dan kasih sayang yang tulus juga sumber kebahagiaan.

“Pokoknya jadi diri kamu sendiri, cinta apa adanya,” kata musisi yang meraih gelar akademis bidang musik dari universitas di Singapura dan Inggris.
“Aku suka banget sama Keep Being You. Aku nggak kepengen banget ngeluarin sesuatu yang ballads, nggak pengen ngeluarin sesuatu yang ribet, cuma memang berbahasa Inggris aja. Menurut aku dengan lirik bahasa Inggris, normal aja, menambah kualitas musik di indonesia juga waktu itu. Aku juga belum mengerti pasar musik kan, karena aku di dunia klasik (lirik bahasa Inggris) ya biasa aja,” bebernya.

Isyana memang sudah meniti karier di jalur musik sejak usia 9 tahun dari panggung klasik hingga festival electone, tapi dia memang masih cukup awam untuk memahami pasar musik Indonesia. Seiring dengan waktu, Isyana juga belajar namun tak pernah mengorbankan idealismenya demi kompromi bisnis.

“Dulu berkarya memang sebagai seniman aja, jadi mengeluarkan (lagu) yang mana pun aku nggak peduli sama bisnisnya. Aku belum pernah kayak kepaksa untuk harus mengeluarkan ini demi bisnis. Belum pernah. Jadi kayak single pertama “Keep Being You dan yang kedua ‘Tetap Dalam Jiwa’ semuanya idealisme aku,” katanya.

Ads

You May Also Like

Yovie Widianto : Musik Indonesia bisa dikenal secara global

Pianis dan pencipta lagu Yovie Widianto berharap musik Indonesia bisa dikenal secara global tanpa ...

Fourtwnty : Alunan Syahdu Nan Merdu Yang Bisa Bikin Tenang

Fourtwnty — Buat kalian yang suka dengan alunan musik sendu nan syahdu, !MZNC coba ...

Tulus : Ruang Sendiri

“Ruang Sendiri” bercerita tentang pentingnya rasa rindu dalam hubungan. Ketika kita sendiri, jauh , sepi ...