FAKTA-FAKTA BOB MARLEY

Amazing people pasti tahu kan siapa Bob Marley, yap ia adalah seorang legenda musik reggae, bahkan ia dijuluki sebagai “tuhan” nya para pecinta musik reggae. Lagu-lagu Marley telah banyak menginspirasi banyak musisi lain khususnya di era-nya. Di harian “Times” bahkan ia dinobatkan sebagai sebagai musisi paling berpengaruh pada abad 20. Marley lahir pada tanggal 6 Februari 1945. Jika saja ia masih hidup maka usianya sudah mencapai 71 tahun. Pada tahun lalu Museum Grammy resmi menyatakan 6 Februari sebagai “Hari Bob Marley”.

Tapi, baru-baru ini ada cerita mengenai Marley, ini terkait mengenai kematian yang mengenaskan dimana ditemukan tubuh pria seorang tunawisma di sebuah kotak kardus yang dibuang dibelakang restoran cepat saji yang diperkirakan sebagai jasad Bob Marley. Kabar ini sontak membuat para penggemarnya geger. Namun tak hanya itu saja, masih ada fakta menarik mengenai pria asal Kingston, Jamaika ini, diantaranya:

  1. Bob Marley memiliki nama asli Nesta Robert Marley. Namun karena nama pertamanya (Nesta) terdengar seperti nama perempuan maka nama keduanya (Robert) pun digeser menjadi nama pertamanya sehingga namanya menjadi Robert Nesta Marley.
  1. Lahirnya Bob Marley sempat menjadi kontroversi dan menjadi gunjingan orang karena perbedaan status kedua orang tuanya. Ayah Marley yang bernama Norval Sinclair marley adalah seorang kulit putih, sementar ibu Marley yang bernama Candella Booker adalah seorang kulit hitam. Inilah yang menyebabkan penduduk setempat di Kingston menjulukinya “anak kulit putih” yang membuat Marley merasa sangat terasing di lingkungannya.
  1. Pada saat Marley lahir, banyak saksi mata yang melihat meteor jatuh dan menurut keyakinan orang setempat ini menandakan adan ada tokoh besar yang akan lahir pada hari itu.
  1. Sejak usia 4 tahun, Marley kecil sudah mempunyai kemampuan membaca garis tangan dan memprediksi masa depan seseorang. Awalnya ini hanya dianggap sebagai lelucon namun ini menjadi apa yang dibaca Marley menjadi kenyataan sehingga banyak orang salah persepsi dan menyebutnya “nabi”.
  1. Marley saat sekolah sangat menyukai pelajaran Matematika. Namun pada usia 14 tahun Marley meutuskan untuk keluar dari sekolah dan bekerja jadi tukang las. Pada saat bekera ia mengalami kecelakaan dimana sepotong logam terbang mengenai matanya, hingga akhirnya ia memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya dan belajar bermusik bersama kedua sahabatnya yang bernama Bunny Wailer dan Joe Higgs.
  1. Pada tahun 1962 Marley membentuk grup musik The Teenager yang memainkan musik Skarocksetady, ini merupakan cikal bakal terbentuknya The Wailers yang masih populer hingga sekarang.
  1. Salah satu yang identik dengan Marley adalah ganja dan akibat kepemilikan ganja Marley pernah ditahan selama sebulan. Namun selama di tahanan Marley malah mempunyai banyak teman yang memotivasinya untuk menulis lagu yang bertemakan pesan politik yang menyentuh kepada hubungan sesama manusia.
  1. Marley menggimbalkan rambutnya untuk menghormati Jah (Tuhan) nya. Kepercayaan yang dianut Marley adalah Rastafari. Rastafari merupakan kepercayaan yang lahir di Jamaika, sebagian orang lebih suka menyebut Rastafari sebagai way of life. Dalam Rastafari, rambut gimbal tak terurus adalah simbol dari Lion of Judah alias kekuatan Haile selassie 1. Marley adalah seorang rastafari yang sangat taat, ia juga adalah seorang vegetarian.
  1. Marley menikahi istrinya Alpharita Constantia Anderson atau biasa disapa Rita pada tanggal 10 Februari 1966 setelah hampir setahun berpacaran. Dari Rita marley mempunyai lima orang anak yaitu Sharon, Cedella Marley, Ziggy Marley, Stephen Marley dan Stephanie Marley. Sharon sebenarnya bukan anak asli Marley, melainkan anak Rita dari seorang pria yang tidak disebutkan namanya ketika Rita berumur 17 tahun.
  1. Dalam hidupnya Marley dikenal banyak terlibat dengan banyak wanita, diantaranya Cindy Breakspeare yang melahirkan satu anak dari Marley yang bernama Damian Marley, Janet Dunn (Hunt) yang melahirkan satu anak dari Marley yang bernama Rohan Marley, Pat Williams yang melahirkan satu anak dari Marley bernama Robbie, Janet Bowen yang melahirkan satu anak dari Marley yang bernama Karen, Lucy Pounder yang melahirkan satu anak dari Marley bernama Julian Marley, Anita Belnavis yang melahirkan satu anak dari Marley bernama Ky-mani Marley dan Yvette Crichton yang melahirkan satu anak dari Marley bernama Makeda Jahnesta Marley. Ada banyak wanita lain yang tidak diketahui dengan siapa Marley berselingkuh. Secara hukum Marley memiliki sebelas anak yang diakui tetapi beberapa kerabat memperkirakan anak Marley ada sekitar dua puluh dua orang.
  1. Tujuh diantara sebelas orang anak Marley berprofesi sebagai seorang penyanyi, diantaranya Sharon, Cedella, Ziggy, Stephen, Julian, Ky-mani dan Damian.
  1. Label rekaman Tuff Gong yang sekarang menawarkan salah satu fasilitas audio terbesar di Kepulauan Karibia merupakan label rekaman yang didirikan Marley pada tahun 1970 yang diambil dari nama julukannya sendiri.
  1. Marley adalah seorang pecinta sepakbola, dia selalu bermainsepak bola di sela-sela rekaman. Namun akibat bermain sepak bola, pada tahun 1977 Marley menemukan sebuah luka di jempol kakinya (luka itu menjadi penyebab kematian Marley). Kala itu dokter menyarankan agar kaki Marley di amputasi karena ia didiagnosa terkena kanker kulit, tetapi sebagai penganut Rastafari yang taat maka ia menolak amputasi tersebut karena ini dilarang di dalam “agama” nya.
  1. Pada tanggal 11 Mei 1981 Marley tutup usia di umurnya yang ke 36. Ia meninggal di Miami, Florida, Amerika Serikat. Jasad marley dikubur di ruang bawah tanah Millem St. Ann Parish Jamaika. Ia dikubur bersama Gitar Les Paul, bola sepak, kitab Rastafari dan sebunkus ganja.
  1. Marley tercatat dalam buku-buku sejarah, Album Bob Marley and The Wailers “Legend”, kompilasi greatest hits-nya adalah album reggae terliaris sepanjang masa dengan lebih dari lima belas juta kopi terjual di Amerika Serikat dan dua puluh lima juta kopi terjual di seluruh dunia.

Oke, itulah fakta-fakta mengenai Bob Marley yang sampai saat ini masih lenjadi legend musisi reggae dan masih dikenang oleh para penggemarnya mulai dari lagu-lagu hingga kisah hidupnya.

Tags:

  • No regrets for all of i did, just lessons learned . I'm the boss of my life . penikmat nada . peramu kata . . pecandu senja . pemendam rasa

Ads

You May Also Like

Pecandu senja ? Wajib dengerin lagu-lagu ini

!MZNC yakin banyak diantara kalian yang suka banget menatap langit senja. Langit oranye atau ...

elbow : The cassette is not dead!

Sebagai leader di industri audio, Sony membuat sebuah kejutan dengan melansir produk berlabel Walkman. Dalam ...

“BILUR” Sarasvati, bikin bulu kuduk berdiri.

“Duh, teungteuingeun…tungtung lengkah…geuning…bet peurih…” Amazing people, untuk kalian penggemar musik indie pasti sudah tak ...