“BILUR” Sarasvati, bikin bulu kuduk berdiri.

Song From The Dark Side

“Duh, teungteuingeun…tungtung lengkah…geuning…bet peurih…”

Amazing people, untuk kalian penggemar musik indie pasti sudah tak asing dengan sepenggal lirik lagu diatas. Yap, itu adalah sepenggal lirik lagu dari band indie asal Bandung yaitu Sarasvati Band yang berjudul Bilur. Bagi kalian yang belum tahu, Sarasvati adalah band yang mempunyai lead vocal bernama Risa Saraswati, yang sebagian besar lagunya beraromakan mistis. Risa dikenal mempunyai indera keenam yang mampu berkomunikasi dengan mahluk astral, itu sebabnya lirik lagu yang ia tulis sebagian besar diambil dari cerita “teman-teman hantu” nya. Contohnya lirik dalam lagu “Bilur” ini.

Konon lirik yang ditulis diatas dibuat oleh mahluk halus. Lirik itu sendiri mempunyai arti “akhir langkahku ternyata tetap perih…dan selalu perih”. Oh ya sebelum itu, kalian pasti ingin tahu arti dari bilur itu sendiri. Bilur dalam bahasa Indonesia berarti “bengkak kemerah-merahan”. Lagu bilur yang ditulis oleh Risa ini bercerita tentang seorang pesinden yang bernama Mae, ia adalah pesinden yang cukup tenar dan berwajah cantik semasa hidupnya. Banyak pria yang tergila-gila padanya, tapi hanya ada satu pria yang membuat ia jatuh hati hingga akhirnya ia memutuskan untuk menikah dengan pria idamannya tersebut. Setelah menikah, bukan bahagia yang ia dapat melainkan sikap kasar kerap kali ia dapat dari suaminya.

risa-sarasvatiSebenarnya keinginannya untuk menikah sudah ditentang oleh ibunya. Namun apadaya, Mae harus menerima dan menjalani keputusannya. Lama kelamaan raga dan batin Mae sudah tak tahan menerima siksaan sang suami. Hingga pada akhirnya Mae meninggal dunia bersama calon bayi di dalam kandungannya yang berusia 8 bulan. Kepergiannya memang sangat tiba-tiba, tidak ada yang menyangka.

Tidak ada yang mengetahui kisah hidup Mae sebenarnya, hingga suatu saat rohnya memasuki raga seorang temannya yang merupakan pencipta lagu. Ia memberikan sebuah lirik yang menceritakan kisahnya semasa hidup. Liriknya berbahasa sunda, yang berisi tentang penyesalan dan rasa sakit yang tak pernah hilang bahkan sampai dibawa ke liang lahat dan permohonan maaf kepada ibunya serta kepada orang-orang yang pernah mengenalnya.

Lirik lagu berbahasa sunda yang dibuat oleh Mae didalam lagu Bilur, dinyanyikan oleh pesinden Ambu “Ida Widawati” yang merupakan sahabat dari Mae.

Permintaan Risa agar Ambu “Ida Widawati” mengisi lirik bahasa sundanya disambut baik oleh beliau mengingat tema lagu ini diangkat berdasarkan kisah seorang Mae yang notabene adalah sahabatnya sendiri.

Nah amazing people coba kalian lihat dan simak lirik lengkap lagu Bilur dibawah ini

Selendang bersulam sutera
Biduri lembayung jingga
Saksi mati tuk bersaksi
Gelimang pesona diri
Belia usia dulu
Ruap cinta tlah menggebu
Samar ku lihat dunia
Tak sadar semua fana…
Semerbak dupa iringi ku melangkah
Cungkupku hanya tanah

Bilur hati merambah
Dan akan datangkah bagiku kesempatan
Bila tak ada titian diri yang rupawan

duh…duh…teungteuingeun….tungtung lengkah geuning bet peurih duh…

Sekilas lihatlah mega
Anugrah tiada tara
Ini tak adil untukku
Halimun hitam merasuk

Ceracau getir ibunda
Gemertak sengap hatinya
Firasat tak pernah salah
Hanya ku berbuat ulah..

Banyak yang bercerita bahwa ketika mendengarkan lagu ini, mereka seolah merasakan kepedihan dan penyesalan Mae semasa hidupnya. Juga seakan-akan arwah Mae hadir disekitar mereka.

So, amazing people berani mendengarkan lagu ini sendirian ?

Tags:

  • No regrets for all of i did, just lessons learned . I'm the boss of my life . penikmat nada . peramu kata . . pecandu senja . pemendam rasa

Ads

You May Also Like

Melamar kekasih lewat lagu “Akad” Payung Teduh

Bila nanti saatnya t’lah tiba Kuingin kau menjadi istriku Berjalan bersamamu dalam terik dan hujan ...

The Edge

Banyak kita ketahui peran seorang gitaris dalam sebuah band sangatlah penting. Mereka dapat memberikan ...

Tulus : Ruang Sendiri

“Ruang Sendiri” bercerita tentang pentingnya rasa rindu dalam hubungan. Ketika kita sendiri, jauh , sepi ...