credit http://blackhamimages.com/

Bernard Butler adalah seorang produser, musisi dan artis rekaman dari Inggris. Bisa dibilang sangat terkenal karena karyanya dengan Suede band rock di tahun 90an, ia dipuji sebagai gitaris terbesar dari generasinya. Selain itu, ia memiliki karir yang sukses di bidang musik baik sebagai artis solo dan produser rekaman.

Artikel ini bertujuan untuk membantu para gitaris intermediate memahami teknik dan gaya bermain gitar Bernard selama 20 tahun terakhir.

1
Dengarkan Butler Era Suede

Bernard adalah gitaris  diawal Suede berdiri, tetapi sebagian besar yang menampilkan karya gitarnya dirilis antara tahun 1992-1994. Ini termasuk debut pertama Suede, contohnya di Album Dog Man Star, dan di single Stay Together, banyak juga yang dapat ditemukan di album Sci-Fi Lullabies. Ini akan memberi Anda ide yang baik dari teknik dan gaya yang dia gunakan, dan semakin jauh Anda menyelidiki, semakin Anda akan melihat tema umum dan gaya permainan gitar Bernard

2
Kenali Peralatan Saat Recording
Credit : Edward Bishop

Mengenal peralatan yang digunakan pada saat Recording. Bernard menggunakan Gibson Les Paul selama tahun-tahun awal di Suede, dan sering digunakan Live di lagu-lagu seperti ‘Animal Nitrate’ dan ‘Metal Mickey’. Ia juga banyak memanfaatkan gitar Fender Telecaster, Gibson J-200, Vox Phantom dan Fender Electric XII. Tetapi gitar electric yang paling sering dikaitkan dengan dia adalah cherry Red 1.960 Gibson ES-355TD-SV, yang ia terus gunakan di sepanjang karirnya. Amp utamanya adalah Vox AC30, yang dia gunakan juga di sepanjang karirnya. Dengan amp Vox dapat membantu menciptakan sound jangly tones dan bersih pada setiap rekaman Suede.  Semua peralatan ini berguna dalam mereplikasi suara gitar Bernard

3
Bernard’s tone

Bernard menggunakan dua suara gitar yang berbeda untuk hampir setiap lagu Suede:

  • Yang pertama adalah Clean-ish, jangly tone, sangat mirip dengan Johnny Marr’s (salah satu pahlawan gitar Bernard) signature sound, tetapi dia mempunyai rasa sendiri yang mengandalkan karakteristik amp reguler Vox AC30. Suara ini dapat terdengar paling menonjol di verse ‘Metal Mickey’ dan ‘Animal Lover’. Pengaturan amp yang biasanya digunakan untuk tone ini adalah Gain-5, Bass-1, Middle-7, Treble 10, Reverb – 3.
  • Yang kedua adalah fuzzy, over-driven tone yang sering digunakan Bernard untuk mengentalkan parts lead, seperti yang ada di ‘Stay Together’. Untuk ini ia menggunakan Boss DS-2 Turbo Distortion, dan pengaturan yang digunakan untuk ini pada pedal adalah Gain-10, Tone-7 dan Distortion-5. atau pedal yang sama akan memberikan distorted fuzz, itu adalah ciri khas dari chorus di lagu-lagu suede.

4
Buat intro khas dan mudah diingat

Salah satu momen terbaik Butler adalah pada introduction untuk ‘Animal Nitrate’. Trek dimulai dengan suara ambient menakutkan, mengikuti riff khas di kunci Bm, yang kemudian didorong oleh efek flanger mengaum yang membantu untuk memperkenalkan lagu. Bernard tampaknya didukung penggunaan efek pedal untuk pengenalan lagu, seperti efek chorus pada intro untuk ‘We Are The Pigs’. Menambahkan efek dapat memberikan keunggulan bagian gitar tambahan yang membedakannya dari orang lain. Namun, nada crunch sederhana dapat memperindah intro, seperti yang ditunjukkan dalam raunchy power chords yang Suede buka di debut single, ‘The Drowners’.

5
Arpeggiate Chords

Bernard sering mengkombinasikan dan menghiasi chords untuk beberapa macam lagu, contoh yang keren misalnya intro / verse ‘Metal Mickey’. chord untuk verse adalah A, G, D, C dan A. Namun, bukannya memetik secara bebas, ia menghiasi chord masing-masing dan mengubahnya menjadi serangkaian guitar licks. Jika Anda mendengarkan baik-baik lagu ini, sementara chord pertama A dia memetik secara keseluruhan , chord berikutnya diwakili dengan serangkaian bass note dan licks cepat. Ini adalah gaya berulang yang muncul secara teratur pada album Suede, dan hadir dalam lagu-lagu lain seperti ‘My Insatiable One’ dan ‘So Young’. Dapat di ambil kesimpulan, ketika mencoba untuk meniru gaya ritme Bernard, cara yang terbaik adalah dengan memecahkan beberapa bagian-bagian chord untuk bisa di open chord, bukan hanya hammering out barre Chord. Ketika masuk ke ritme gitarnya, semakin rumit dan menarik terdengar itu lebih baik!

6
Bermain Soulful untuk Melodic Leads
credit: Hollie Fernando

Sementara tekstur verses di lagu yang di isi Bernard sering terdapat bagian irama jangly, dan sering digunakan juga pada rhythm parts, nada melankolis melodi. Banyak menekankan fuzzy tone, bagian ini kadang-kadang menyalin bagian vokal, atau hanya backing sederhana vokal dengan melodi alternatif. Contoh terbaik chorus over-driven ‘So Young’, yang dilengkapi dengan melodi pentatonik minor, dan ‘Stay Together’, yang berangkat dari pengaturan simple verse bagian bluesy, dan part gitar fuzzy.

7
Experiment dengan solo Kamu

Sementara yang sering Bernard gunakan adalah skala pentatonis standar untuk membangun solo, seperti yang ditemukan di ‘Metal Mickey’ dan ‘Animal Lover’, dalam lagu-lagu lain ia sering melakukan eksperimentasi, dan berpikir di luar kotak skala pentatonik. Contoh di solo ‘Animal Nitrate’, yang mengingatkan bagian chorus, tapi juga berusaha untuk masuk ke cromatic note, dan solo di ‘The Asphalt world’, yang mendukung melodi atas skala yang ketat untuk melengkapi nada minor dari lagu tersebut. Salah satu yang paling mengesankan yaitu solo di ‘We Are The Pigs’ menggabungkan kedua metode, dengan tetap berpegang pada skala pentatonik biasa, tapi masih kuat di sense of melody.

8
Gunakan berbagai Variasi teknik

Bernard menunjukkan berbagai macam trik dan teknik gitar selama di Suede, beberapa di antaranya sangat purely musical, dan sangat memberikan kontribusi untuk keahlian memainkan pertunjukan gitarnya. Beberapa contoh teknik yang sering digunakan bernard yaitu :

  • Pick slides (Moving, Metal Mickey)
  • half step dan full step bends
  • Legato (digunakan dalam berbagai cara)
  • Trills (Animal Lover)
  •  Bending gitar untuk menaikkan atau menurunkan pitch chord (Digunakan sebelum solo Animal Nitrat )
  • Tremolo Picking (Stay Together, Moving)
  • Triplets (Stay Together)
  • Arpeggio dalam solo (My Insatiable One)
  • Double Stops (Metal Mickey)

9
Gunakan berbagai pedal efek
Credit : Charina Pitzel

Seperti disebutkan sebelumnya, Bernard sering meningkatkan efek sound gitarnya. Sebagian besar lagu-lagu di album pertama, hanya segelintir kecil dari efek yang dia gunakan, dibandingkan susunan efek yang Bernard gunakan pada album Dog Man Star . Berikut adalah beberapa efek yang digunakan, dan contoh-contoh / lagu yang paling mencolok :

  • Distortion / Fuzz – ‘Animal Lover’, ‘This Hollywood Life’.
  • Flanger – ‘Animal Nitrate’, ‘My Dark Star’, ‘Metal Mickey’
  •  Phaser – ‘My Dark Star’, ‘Animal Nitrate’
  • Chorus – ‘Stay Together’, ‘We Are The Pigs’, ‘The World Aspal’
  • Wah Wah – ‘Aspal World’

10
Finally, selalu kreatif
credit http://blackhamimages.com/

Apa yang membuat Bernard Butler berbeda dari gitaris lain di jamannya, adalah ia dapat melambangkan peran gitaris. Bukan hanya memetik chords, ia juga menggunakan gitar sebagai suaranya, dan memfungsikan gitarnya sama-sama penting pada era Suede awal vokal Brett Anderson. Butler melanggar batas-batas dengan instrumen gitar nya, dan dikatakan sebagai gitaris paling berhasil muncul dari gerakan Britpop.

Tags:

Ads

You May Also Like

6 Band Folk Asli Indonesia Yang Iamazinc Banget

Kira-kira 3 atau 4 tahun lalu saya mulai suka mendengarkan musik folk Indonesia.  Memang ...

METALLICA “HARWIRED.. TO SELF-DESTRUCT”

Setelah menunggu selama 8 tahun, akhirnya band metal legendaris dunia Metallica kembali mengeluarkan album ...

The Edge

Banyak kita ketahui peran seorang gitaris dalam sebuah band sangatlah penting. Mereka dapat memberikan ...